Makna Persahabatan

If Love Be Folly
by elisaparhard share from flickr
" Sahabat sejati adalah Ia yang meraih tangan anda dan menyentuh hati anda " (Heather Pryor) benar benar sebuah ungkapan seorang bijak dipostkan oleh adik saya tercinta beberapa saat yang lalu dan membuahkan gagasan bagi saya untuk menuangkannya dalam bentuk tulisan.

Tetapi seperti inikah pengertian persahabatan itu, karena menurut hemat saya masih banyak hal yang perlu ditinjau lebih mendalam lagi walaupun secara mendasar seperti itulah pratinjau atau gambaran dari makna sebuah persahabatan. 

Seorang sahabat sejati merupakan gambaran dari seseorang yang benar benar mengenal pribadi sahabatnya secara mendalam, merupakan sosok yang selalu hadir pada saat kita sedang mengalami kesulitan (bukan  hanya hadir disaat senang), mengulurkan tangannya untuk menopang agar kita tidak terjatuh dalam kesulitan yang lebih mengarah pada keputusasaan, merasakan dan mengerti apa yang menjadi beban kita, dan berbagi agar kita dapat memperoleh jalan keluar dari permasalahan yang seolah olah membelenggu. Ada keterikatan emosional disini antar individu bak laiknya seuntai  Nada Dinamika Irama dan Ritme yang selaras dan menyatu dalam bauran alunan musik simphoni yg harmonis.

 
Nilai nilai persahabatan sejati teruji dan sangat gamblang terilustrasi dalam bentuk kepedulian untuk turut serta dalam mengatasi permasalahaan (terbentuk empati dan simpati) yang  mampu secara mendalam membaca situasi secara terperinci  dan memiliki kemampuan untuk menghadapi serta berhadapan secara langsung mengatasi permasalahan demi permasalahan walaupun dalam nuansa yang terburuk sekalipun.

Penggambaran persahabatan seperti laiknya tempat bergantung tanpa mengharapkan imbal jasa dan tanpa menimbulkan tindakan yang tak patutnya dilakukan dan tentunya pula tidak menimbulkan pemikiran yang keluar dari jalur norma norma kehidupan tetapi lebih cendrung tanpa kata kata tanpa tindakkan tetapi membuahkan suatu nuansa kenyamanan kedamaian sejahtera dalam lingkup keterikatan interaksi emosional. 


Inilah mungkin pengilustrasian dari nilai nilai yang terkandung dalam makna persahabatan secara hakiki karena yang terpancar dari persahabatan adalah Kasih semata tanpa mengetengahkan imbalan ataupun balas jasa melainkan semata mata kembali saya tekankan disini Hanya oleh Kasih. 


Tuangan kata ini hanyalah sebuah ilustrasi dalam kehidupan semata...

Comments

Popular posts from this blog

What Is Your True Purpose

The Teeter - Totter Syndrome

The God Who Saves